KSPM UAJY: Pengaruh Krisis Mesir Terhadap Perdagangan Saham
feat0

Studi banding KSEPM

Pada tanggal 20 februari lalu KSPM UAJY mendapat kunjungan spesial dari kolega kita yang berasal dari semarang , yaitu KSEPM UNIKA SOEGIJAPRANATA . Acara bermula saat KSEPM UNIKA datang , memasuki ruang rapat PPEB dan memulai acara . Acara kunjungan yang dilakukan berkesan dinamis karena walaupun baru pertama kali bertatap muka tetapi atmosfir di ruang rapat PPEB sangatlah hidup , acara pun dibuka dengan berbagai sambutan , berinti pada presentasi yang dilakukan belah pihak.

Read More
feat2

Welcome Party KSPM 2012

WAAAAAWWW!!!! WELCOME PARTY taun ini bener2 seruu!!!! mulai dari panitia dan peserta semua gokil! hahaha saluut ({}) acara keseluruhan berjalan lancar dan sukses, itu semua tidak terlepas dari kontribusi temen2 peserta :) Salam hangat dari kami para pengurus selalu :)) skali lagi, selamat datang di keluarga besar KSPM UAJY! We learn, study, and have fun together \(^^)/

Read More
feat3

Pengurus KSPM Angkatan 8 Periode 2011/2012

Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta membuka pendaftaran Pengurus baru untuk angkatan 8 periode 2011/2012. Proses seleksi pengurus dilakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama kelengkapan berkas, peserta mengisi formulir secara online di di sini (jika kesulitan mengisi formulirnya bisa searching di Google, Bing, atau search engine lainya, asalkan jangan lupa dipahami pula) kemudian panitia akan menyeleksi siapa yang berhak melakukan wawancara, pengumuman wawancara akan diumumkan melalui Web ini..

Read More
feat4

Sistematika lomba KPPM 2012

Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal (KPPM) diadakan dengan sistem sebagai berikut : 1. Peserta terbentuk dalam Tim, di mana 1 (satu) tim maksimal terdiri dari 3 (tiga) orang. 2. Setiap Universitas dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) tim. 3. Peserta akan diseleksi sebelumnya dan pengumpulan jawaban precase maksimal 11November 2012. Precase akan dikirimkan ke email pendaftar yang telah melunasi uang pendaftaran. 4. 1 (tim) maksimal dapat membawa 1(satu) pendamping. 5. Peserta yang mendaftar adalah mahasiswa aktif S1 dengan maksimal angkatan tahun 2006. 6. Peserta yang telah terdaftar diharapkan membawa bukti transfer saat Technical Meeting untuk ditukarkan dengan Kwitansi.

Read More
feat5

Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal 2012

Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KSPM UAJY) akan kembali mengadakan sebuah kompetisi yang paling bergengsi di tahun ini, yaitu Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal (KPPM) 2012. KPPM 2012 ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal 29-30 November 2012 dengan tema “Young, Smart, and Rich”. Kegiatan ini telah sukses digelar pada tahun-tahun sebelumnya pada tingkat regional se-Jawa Bali. Klik untuk tahu lebih lanjut

Read More

Pengaruh Krisis Mesir Terhadap Perdagangan Saham

Sebagai anak emas Amerika di daerah Timur Tengah, Mesir memegang peran yang sangat penting. Tidak hanya terhadap perdagangan dunia, tetapi menjadi kunci penyelesaian beberapa masalah yang melibatkan daerah Timur Tengah, termasuk masalah Israel dan Palestina.

Kini, krisis politik di Mesir ini telah mempengaruhi ekonomi dunia. Terusan Suez yang merupakan salah satu alur lalu lintas perdagangan terpadat di dunia membuat harga minyak mentah melonjak. Perdagangan saham pun menjadi agak tergoncang. Buktinya, sentimen negatif ini terlihat dari menurunnya Indeks Harga Saham Gabungan di Jakarta Stock Exchange.


IHSG di Antara Harga Emas dan Minyak


Harga minyak, harga emas, dan harga saham, saling terkait. Ketika harga minyak naik, harga emas juga naik. Lantas, bagaimana dengan harga saham? Harga saham bisa saja tergoncang. Pada 28 Januari 2011, perdagangan saham sudah mulai terganggu krisis Mesir. IHSG ditutup di bawah 3.500.

IHSG ini cukup jauh terkoreksi dibanding hari pertama perdagangan saham 2011, yaitu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang berada di level 3.727,517. Perlu diketahui bahwa IHSG ini merupakan peningkatan rekor yang cukup fantastis bagi Jakarta Stock Exchange dan dianggap yang terbaik se-Asia Pasifik untuk 2011.


Sekilas Tentang Perdagangan Saham


Hanya orang-orang yang berani mengambil risiko tinggi yang berani bermain saham. Keuntungan yang menggiurkan membuat para pengambil risiko ini berani mati-matian menanamkan uangnya di sektor perdagangan saham. Namun, untuk pemain saham pemula, sebaiknya bermain aman dengan memilih reksadana atau obligasi yang lebih rendah risikonya. Kalaupun takut, masukkan saja uang ke deposito atau kalau mempunyai tempat deposit yang bagus, tanamkan saja uang ke emas batangan. Kedua produk terakhir ini memang cukup aman dan tidak berisiko tinggi.

Perdagangan saham memang sangat menantang. Banyak hal bisa menimbulkan sentimen negatif yang dapat menyebabkan IHSG menurun. Bila untung, bisa langsung kaya raya. Sebaliknya, kalau buntung, dalam waktu hitungan detik bisa bangkrut. Perdagangan saham berisiko mengorbankan kesehatan jantung dan darah tinggi kalau tak kuat mengelola stres dan tekanan yang selalu menghantui para investor dan pialang saham.


Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Saham


1. Politik

Gonjang ganjing di ranah perpolitikan sangat mempengaruhi harga saham. Isu tak sedap pun, walaupun baru isu, kadang sudah ditanggapi dengan sangat cepat oleh pelaku saham. Mereka tentu tidak mau mengambil risiko. Permainan beli jual yang melibatkan pihak tertentu juga kadang membuat suatu saham dari perusahaan tertentu terlihat bergerak aneh. Untungnya ada badan pengawas yang setiap saat berusaha mengamankan perdagangan saham berada pada jalur yang tidak merugikan siapa pun.

Misalnya, saat Sri Mulyani mengundurkan diri, ada sentimen negatif di lantai saham. Namun, hal ini tidak berlangsung lama. Sentimen lain di dunia perpolitikan ternyata mampu membuat perdagangan saham naik dan mencapai IHSG yang cukup fantastis.


2. Perekonomian Dunia


Perekonomian global telah membuat semua hal yang terjadi di negara lain mempengaruhi perekonomian Indonesia. Efek tersebut bisa saja sangat jelek tapi bisa saja hanya bersifat sementara. Krisis Mesir saat ini diharapkan tidak terlalu mempengaruhi perdagangan saham.


Dikutip Dari : AnneAhira.com